Heningnya Eyre Highway, si Jalan Lurus Terpanjang di Australia

 Anda suka menjelajah ke suatu daerah melalui jalur darat? Jika ya, jangan sampai lewatkan jalur berikut ini yang ada di Australia.
Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Kamis (4/12/2014), bila Anda ingin tertantang untuk berkendara jarak jauh, silahkan kendarai kendaraan Anda di Eyre Highway, sebuah jalan raya yang menghubungkan Australia Barat dengan Australia Selatan melewati Nullarbor Plain.



Eyre Highway akan menawarkan keheningan kepada Anda karena jalan tersebut menjadi jalan lurus terpanjang dan tanpa ada tikungan satupun di Australia.

Eyre Highway benar-benar jalan mulus tanpa terlihat pohon sebatangpun sejauh mata memandang, bahkan gundukan bukit atau danau.


Pemandangan tak berujung itu membentang 1675 km dari arah Port Augusta yang di Timur sampai Norseman yang ada di Barat. Sedangkan jalan lurusnya sendiri bisa mencapai 145,6 km, sama sekali tanpa tikungan.

Selain Eyre Highway, masih ada jalan lurus lainnya yang menjadi jalan terpanjang di dunia yaitu jalan yang ada di Arab Saudi, Highway 10, dengan panjang 260,7 km. Dilihat di peta, Highway 10 ini tampak selurus penggaris melintasi gurun.


Dengan panjang 145,6 km, Eyre Highway sudah pantas menyandang gelar sebagai jalan yang panjang dan menawarkan keheningan.

Rumah-rumah singgah di sepanjang jalan kurang lebih berjarak 200-300 km yang biasanya menyediakan makanan, bensin, motel bahkan juga bengkel.


Sedangkan untuk darurat medis, Royal Flying Doctor Service of Australia biasanya rutin berpatroli di sana untuk memberikan bantuna kesehatan di daerah-daerah yang jarang ditemukan rumah sakit.
Lebih lanjut, di balik kesunyiannya, Eyre Highway sebenarnya menawarkan beberapa tempat menarik yang bisa dikunjung. Di antaranya adalah Newman dan Afghan Rocks dekat Balladonia, Observatorium Burung di Eyre, Gua Cocklebiddy yang terkenal serta pemandangan yang menakjubkan dari sisi jalan Madora, melihat paus di teluk dan beberapa lubang serta lubang semburan yang banyak terdapat di sisi jalan.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com