Cara mengatur paragraf dalam dokumen word.



Cara mengatur paragraf dalam dokumen word.
Istlah spasi dalam Microsoft office word adalah jarak antar baris dalam sebuah dokumen. Dalam penulisan karya ilmiah hal ini sangat di perhatikan karena menjadi salah satu syarat di terimanya penulisan karya ilmiah tersebut. Pada umumnya syarat penulisannya adalah sebagai berikut:

Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5.
Jenis font Times New Roman, ukuran 12, spasi 2.
Untuk lebih jelasnya perharikan tulisan di bawah ini.
Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaa.

Bbbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbn bbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb.

Ccccccccccccccccc cccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccc cccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccc cccccccccccccccccccccccccc ccccccccccccccccccccccccccccccccc
Pada contoh A, jenis font times new roman ukuran 12 namun masih menggunakan spasi 1.
Pada contoh B, jenis font times new roman ukuran yang sama namun menggunakan spasi 1,5.
Sedangkan contoh B menggunakan jenis font yang sama dan ukuran yang sama namun menggunakan spasi 2.
Jelas Nampak berbeda. Perhatikan sekali lagi. Tingkat kerapian dalam spasi jelas berbeda , itulah sebabnya rata-rata ini menjadi salah satu syarat di terimanya penulisan sebuah laporan ataupun karya ilmiah bagi pelajar dan mahasiswa.
Lalu bagaimana cara mengatur font tersebut?
Pertama tama, blok tulisan yang kita maksud, lalu pilih menu home, lalu pilih line and paragraph spacing. Lihat gambar yang di beri lingkaran.


Lalu pilih ukuran spasi yang akan kita pakai.
Untuk peraturan lama dalam penulisan skripsi menggunakan spasi 2.0.
Dan untuk penulisan laporan ataupun proposal biasanya menggunakan spasi 1,5.
Dan pastikan telah memilih jenis dan ukuran font yang tepat. Lihat gambar berikut.


Dan jangan lupa untuk merapikan teks menjadi rata kanan kiri.


Untuk merubahnya menggunakan cara yang sama dengan mengatur paragraph, blok paragraph yang akan kita sesuaikan, jika keseluruhan bisa menggunakan short cut CTRL + A. lalu pilih pengaturan yang akan kita sesuaikan. Baik merubah jenis dan ukuran, spasi paragraph, ataupun merapikan rata kanan kiri.
Mudah bukan? Semoga bermanfaat..
Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran yang membangun silahkan tulis di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com