4 Pasukan Elit TNI yang Paling Mematikan



Indonesia boleh saja masih berada di bawah Negara-negara lain dari sisi militer secara keseluruhan. Tapi jika berbicara tentang pasukan elit atau pasukan khusus Indonesia tidak kalah dengan Negara-negara lain termasuk mereka yang dikenal memiliki kekuatan militer peringkat atas di dunia. Ya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) punya sejumlah pasukan khusus yang sangat ditakuti oleh dunia.


Kopassus, Kopaska hingga Batalyon Raiders yang dimiliki oleh TNI adalah tiga nama pasukan elit Indonesia yang sudah sangat terkenal akan kemampuan militernya. Bahkan ketiga kesatuan pasukan khsusus tersebut pun dikenal mematikan. Tapi, pasukan khusus yang dimiliki TNI tidak hanya itu saja, masih ada sejumlah pasukan elit yang juga memiliki kemampuan mematikan hingga membuatnya sangat ditakuti dunia. Apa saja pasukan TNI paling mematikan? Berikut 4 diantaranya.

Pasukan Tontaipur



Pasukan Peleton Intai Tempura atau Tontaipur merupakan pasukan khusus yang berada di bawah komando Kostrad. Pasukan ini memiliki kemampuan bertempur dalam tiga kondisi yaitu pertempuran darat, laut dan udara. Pasukan Tontaipur adala salah satu pasukan khusus milik TNI yang paling mematikan, pasalnya kemampuan tempur yang dimiliki langsung dilatih oleh pasukan-pasukan elit di kondisi darat, udara dan laut. Tidak banyak prajurit yang bisa bergabung dengan pasukan ini, bahkan seperti yang dilansir sumber dari lima gelombang perekrutan hanya 100 personil yang berhasil bergabung dengan pasukan ini.

Pasukan Sat Bravo-90



Pasukan khusus Sat Bravo-90 merupakan pasukan elit TNI yang punya kemampuan luar biasa. Pasukan yang lahir di kesatuan TNI AU ini punya spesialisasi anti-teror dari udara. Namun pasukan yang mulai dibentuk tahun 1990 ini juga memiliki kemampuan tempur jarak dekat dan anti teror, pertempuran free fall, pendakian serbu, scuba diving hingga teknik terjun high altitude low opening (HALO) atau high altitude high opening (HAHO). Untuk menjadi pasukan Satuan Bravo 90 tidak bisa didapatkan oleh semua prajurit, hanya mereka yang menjadi lulusan terbaiklah yang bisa bergabung dengan pasukan Sat Bravo-90. Satu pasukan Sat Bravo-90 sama dengan 5 pasukan TNI.

Pasukan YonTaifib



Pasukan yang sebelumnya bernama Komando Intai Para Amfibi (Kipam) ini juga masuk sebagai salah satu pasukan TNI paling mematikan. Proses penerimaan pasukan yang berada dibawah komando Korps Marinir ini terbilang sangat ketat. Tidak hanya harus punya mental dan fisik yang diatas rata-rata prajurit yang ingin bergabung juga dituntut untuk memiliki inteligensi tinggi. Salah satu latihan yang menjadi kewajiban untuk menjadi pasukan ini adalah berenang sejauh 6 km, terdengar biasa? Tunggu dulu bagaimana jika kalian diwajibkan berenang sejauh 6km dengan kondisi tangan dan kaki terikat? Ya, seperti itulah salah satu metode latihan pasukan ini. Tak heran kemampuan pasukan Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib) sangat luar biasa, 1 pasukan YonTaifib setara dengan 24 prajurit TNI.

Pasukan Denjaka



Setiap pasukan khusus memiliki spesialisasi masing-masing yang sesuai dengan medan tempur yang akan mereka lakukan, yang tentu saja membuat setiap pasukan memiliki kemampuan khusus dari setiap kesatuan lainnya. Namun, jika boleh diurutkan sesuai dengan kemampuannya maka pasukan Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka adalah pasukan elit milik TNI yang paling mematikan. Bagaimana tidak, pasukan ini tidak hanya menerapkan seleksi ketat pada calon pasukan, tapi dalam pelatihan setiap calon pasukan dilatih dengan cara yang sangat ekstrim. Salah satunya adalah ditenggelamkan di dalam laut dengan kondisi tangan dan kaki terikat. Mereka dituntut untuk bisa meloloskan diri. Dengan pelatihan yang berat, tak heran 1 pasukan Dendaja setara dengan 120 orang prajurit TNI.



0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com