3 Hal yang Wajib Anda Lakukan Setelah Menginstall Sistem Operasi Windows

install windows
Setelah berhasil menginstall sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8, maupun 10, pasti ada beberapa hal yang harus anda lakukan.
Artikel kali ini berisi tentang apa saja yang HARUS anda lakukan setelah berhasil menginstall sistem operasi windows pada komputer/ laptop anda.
Jika anda tidak melakukan beberapa hal berikut ini, jangan harap komputer/ laptop kesayangan anda akan bekerja secara optimal dan aman dari yang namanya virus.
Mengingat virus dapat mempengaruhi kinerja komputer/ laptop sekaligus merusakak data-data anda, maka sebisa mungkin kita harus menjauhinya.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah selesai melakukan instalasi windows , diantaranya sebagai berikut :

Install Antivirus

Yang pertama adalah menginstall antivirus favorit anda, entah itu Avast, ESET, AVIRA,dan lain sebagainya, yang penting install dulu antivirusnya.
Seperti yang anda tahu bahwa sistem operasi windows sangat rentan dengan virus, berbeda dengan linux yang notabenya bisa dibilang kebal akan adanya virus.
Install Driver
Selanjutnya adalah menginstall driver, agar hardware pada komputer/ laptop anda bekerja semestinya. Biasanya ketika anda membeli laptop/ motherboard, anda akan mendapatkan CD/ DVD drivernya juga.
Jika tidak punya CD/ DVD drivernya, jangan kuatir, ada banyak jalan menuju roma, hehehe.
Silakan gunakan aplikasi driverpack solution untuk menginstall, memperbarui, bahkan mencari driver yang cocok dengan komputer/ laptop anda. Saran saya, gunakan yang versi terbaru yah.

Mas, ukuran file driverpack solution besar banget yah? Males downloadnya nih, ada cara yang lain ndak?

Ada kok, cari saja drivernya di halaman web resmi manufacturer motherboard/ laptop kesayangan anda. Disana akan disediakan link download masing-masing driver, jadi anda bisa mendownloadnya satu per satu.

Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Setelah antivirus dan drivernya sudah terinstall dengan baik, selanjutnya install aplikasi sesuai kebutuhan anda, diantaranya :
1. Archiver atau Extractor
Untuk membuka file kompressan (rar) diperlukan aplikasi ini, semisal winrar, 7-zip. dan lain sebagainya
2. Web Browser
Semua orang pasti suka browsing donk, termasuk saya, hehehe. Meskipun ada browser bawahan windows seperti internet expoler, ada saja yang lebih memilih menginstall web browser lain yang lebih populer dan familiar seperti mozilla, google chrome, maxthon, opera dan masih banyak lagi.
3. Video Player
Aplikasi ini digunakan sebagai pemutar video. Anda bisa menggunakan GOM Player, MPC (Media Player Classis) dan kawan-kawannya yang lain.
4. Music Player
Mendengarkan musik merupakan salah satu kebiasaan pengguna komputer. Maka dari itu anda harus menginstall aplikasi music player seperti AIMP3, Winamp, MediaMonkey, dan lain sebagaiinya.
5. CD/ DVD Burner
Bagi anda yang suka sekali bakar-membakar, eh maksudnya burning file ke CD/ DVD, aplikasi CD/ DVD burner harus terinstall di PC anda. Contoh aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah Nero.
6. IDM
Untuk urusan download, aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah Internet Download Manager atau yang sering disingkat dengan IDM.
7. MS Office
Saya rasa aplikasi ini juga wajib terinstall. Beberapa aplikasi MS office yang paling banyak digunakan adalah MS Word, Excel, PowerPoint dan lain sebagainya.
8. PDF Reader
Aplikasi ini digunakan untuk membaca ebook yang umumnya memiliki format .pdf.
9. Aplikasi Maintenance
Agar komputer/ laptop anda berjalan dengan baik dan lancar, diperlukan aplikasi maintenance. Beberapa fungsi utama dari aplikasi ini adalah menganalisis, mengoptimal, memelihara komputer/ laptop agar tetap berjalan dengan baik dan lancar. Aplikasi yang paling umum digunakan adalah CCleaner.
10. Aplikasi Favorit Anda Lainnya
Dan yang terakhir adalah, install aplikasi lain yang biasa anda gunakan.



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com