Memahami Apa Itu Aperture

Aperture adalah bukaan diafragma lensa yang terdapat dalam lensa fotografi. Ukuran bukaan diafragma pada lensa kamera tersebut mengatur jumlah lintasan cahaya yang lewat menuju ke media fotografi (film foto atau sensor foto) yang terdapat dalam kamera. Ukuran lubang diafragma lensa dapat tetap (fixed) atau yang lebih populer dalam bentuk/tipe yang bisa di-stel (adjustable), seperti pada sebuah kamera SLR.
Ukuran bukaan diafragma (aperture) biasanya dikalibrasi dalam f-numbers atau f-stop, yaitu angka-angka kecil tertulis pada lensa fotografi seperti f/32 (F32), f/22 (F22), f/16 (F16), f/11, f/8.0, f/5.6, f/4.0, f/3.5 , f/2.8, f/2.0, f/1.8, f/1.4, dll. Semakin besar f/angka (f-angka) semakin kecil lubang diafragmanya, begitu juga sebaliknya, semakin kecil f/angka (f-angka) semakin besar lubang diafragmanya.
Aperture Diagram

Setiap urutan nilai-nilai tersebut merepresentasikan satu kali jumlah cahaya yang lewat secara kuantitas, baik itu lebih maupun kurang. Hal ini berarti f/16 akan membiarkan 1X jumlah cahaya yang melewati lubang diafragma daripada f/22 dan seterusnya. Di sisi lain, ukuran lubang diafragma f/4.0 akan membiarkan 1X lebih rendah daripada f/2.8, dan seterusnya.
Bukaan diafragma (aperture) dari lensa fotografi dapat disesuaikan untuk mengontrol jumlah cahaya yang mencapai sensor film atau gambar (seperti yang Anda baca dalam paragraf pertama). Dengan mengkombinasikannya dengan kecepatan rana (shutter speed), ukuran bukaan diafragma akan mengatur derajat paparan cahaya (exposure light) yang mengenai film atau sensor gambar pada kamera. Biasanya, kecepatan rana yang tinggi akan membutuhkan bukaan diafragma yang lebih besar untuk memastikan paparan cahaya yang cukup, dan kecepatan rana lambat akan membutuhkan bukaan diafragma yang lebih kecil untuk menghindari paparan berlebihan.
Berikut adalah beberapa gambar dari diafragma lensa yang bisa dikontrol besaran bukaannya (adjustable) :
Diafragma Lensa 1
Contoh diafragma dengan 5 blade.
Diafragma Lensa 2
Contoh diafragma dengan 6 blade.






0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com