Selain menjadi bagian penting dari iklan dan identitas merek, logo
perusahaan mobil memberikan citra visual yang kuat bagi konsumen mobil.
Setiap produsen mobil memiliki logo yang unik, banyak yang telah berubah
secara dramatis selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, logo-logo
ini terkait erat dengan sejarah perusahaan dalam cara yang mengejutkan.
Berikut kami tampilkan ulasan 11 logo perusahaan mobil terkenal beserta
arti, makna, dan asal usulnya.
1. Mazda
Mazda adalah brand mobil yang terobsesi dengan simbolisme. Logo Mazda
meliputi sebuah sayap yang bermakna “kemampuan untuk terbang ke
ketinggian baru.” Nama Mazda diambil dari nama Ahura Mazda, dewa
kebijaksanaan, kecerdasan dan harmoni. Lingkaran yang menyertai logo
melambangkan kesiapan Mazda menyambut abad 21.
2. Subaru
Enam buah bintang dalam logo Subaru melambangkan Pleiades, kelompok
bintang di konstelasi Taurus. Subaru adalah nama Jepang untuk Taurus.
Keenam bintang itu sangat mudah untuk dikenali dari langit Jepang, dan
telah membimbing musafir selama beberapa generasi.
3. Mitsubishi
Logo Mitsubishi berasal dari lambang keluarga Yataro Iwasaki, pendiri
perusahaan pelayaran Tsukumo Shokai, dan lambang keluarga Yamanouchi,
dari Tosa Clan. Lambang-lambang itu adalah tiga helai daun kastanye dan
tiga daun oak, yang diatur sedemikian rupa menjadi logo tiga sudut.
4. BMW
Logo BMW terinspirasi dari asal usul perusahaan ini sebagai produsen
pesawat terbang. BMW memang sebelumnya adalah pembuat pesawat terbang
dan mewarnainya dengan warna regional biru putih. Tanda utama dalam logo
ini adalah putaran baling-baling putih dalam langit biru.
5. Ford
Ford
menginginkan logo mereka tetap sederhana seperti sekarang. Menurut
mereka, logo oval Ford adalah simbol kuat yang menjadi ikon perusahaan
dalam menempatkan dunia di atas roda. Ford akan memimpin industri mobil
dengan tiga prinsip sederhana: produk yang hebat, bisnis yang kuat, dan
dunia yang lebih baik.
6. Volvo
Logo perusahaan, lingkaran dengan panah menunjuk ke atas, adalah
simbol kimia kuno untuk besi. Ini salah satu ideogram tertua di budaya
Barat, dan itu dimaksudkan untuk menggambarkan desain modern. Kata Volvo
mirip kata Spanyol yang berarti “aku berputar,” melambangkan keinginan
Volvo untuk membuat transportasi menjadi lebih mudah.
7. Porsche
Logo Porsche menampilkan warna bendera Jerman. Nama kota di mana
perusahaan ini berbasis (Stuttgart) dan gambar kuda dipakai untuk
menunjukkan kekuatan dan kecepatan. Stuttgart sendiri dikenal karena
peternakan kudanya. Latar belakang berasal dari lambang Württemberg,
bekas negara bagian di barat daya Jerman, yang ibukotanya adalah
Stuttgart.
8. Mercedes-Benz
Filosofi
di balik logo Mercedes-Benz cukup sederhana. Tiga bintang Mercedes-Benz
yang menunjuk ke tiga arah mewakili tiga aspirasinya. Perusahaan asal
Jerman yang didirikan Karl Benz ini bertujuan untuk membuat transportasi
di darat, di air, dan di udara menjadi lebih mudah.
9. Rolls Royce
Logo
Rolls Royce adalah tentang namanya sendiri. Dua huruf R dalam logo
Rolls Royce jelas dimaksudkan untuk mewakili dua huruf R dalam nama
perusahaan, dan itu mewakili semuanya. Nama brand ini begitu kuat hingga
ia sanggup mendukung logo, bukan sebaliknya.
10. Toyota
Dua garis oval yang berpotongan di tengah adalah simbol kepercayaan
antara Toyota dan pelanggan, dan garis-garis oval ini juga membentuk
huruf “T” untuk nama Toyota. Ketiga garis oval dalam logo menggambarkan
jantung pelanggan, jantung produk, dan kemajuan teknologi yang terus
berkembang dan kesempatan tak terbatas yang terbentang di depan.
11. Aston Martin
Aston
Martin dulu bernama Martin and Bamford Limited. Ketika perusahaan ini
memutuskan untuk mulai memproduksi mobil sport, mereka mendasarkan
desain logonya dengan pola sayap untuk mewakili kecepatan yang
ditawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar