Hari ini Bung Karno Ulang Tahun


image
Bulan ini, tepat Bung Karno berumur 112 tahun. Bulan Juni, Bulan yang mempunyai arti khusus bagi kebanyakan orang. Bahkan, banyak orang menyebut bulan Juni sebagai “Bulan bung karno”. Ada banyak alasan yang mendasari mengapa bulan Juni dianggap sebagai Bulan-nya Bung karno.

Bung Karno, presiden pertama republik Indonesia, hari ini 6 Juni 1901 dilahirkan, sehingga tak salah bila hari ini kita mengenangnya. Meski diwarnai dengan berbagai sengketa, namun sepertinya nama Bung Karno tidak akan pudar di mata bangsa Indonesia. Ir. Soekarno, lahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo, adalah presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 – 1966. Beliau merupakan aktor utama pembentukan negara kita. 

Soekarno adalah penggali Pancasila, karena ia adalah orang pertama yang mencetuskan konsep dasar negara Indonesia, dan Soekarno adalah orang yang menamai konsep dasar tersebut dengan istilah Pancasila. Walau lawan politiknya selalu berusaha mengaburkan peran Soekarno dengan menonjolkan berbagai issue miring tentang Bung Karno, namun sampai saat ini prosentase kecintaan Bung Karno di mata rakyat masih berada pada tingkat yang lebih besar dibandingkan dengan tokoh-tokoh politik lainnya. Mungkin Haji Mohammad Hatta yang memiliki rekor yang hampir menyamainya.
Soekarno juga menandatangani Surat Perintah Sebelas Maret pada tahun 1966, yang merupakan sejarah dengan berbagai kontroversi berkaitan dengan isinya. Supersemar inilah yang kemudian menjadi dasar Letnan Jendral Soeharto membubarkan Partai Komunis Indonesia.
Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970 ( tepat 15 hari setelah hari ulang tahunnya yang ke 69).
Soekarno tercatat memiliki beberapa istri yakni, Oetari, Inggit Gunarsih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar.
Putra-putrinya adalah: Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputri, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputri, Totok Suryawan, Kartika Sari Dewi Soekarno.
Bung Karno menjadi presiden pertama Indonesia dengan Masa Jabatan dari sejak 17 Agustus 1945 sampai dengan 12 Maret 1967 ( 21 tahun).
Hari ini adalah hari tepat dimana pada hari yang sama seratus sepuluh tahun yang lalu calon pemimpin Indonesia dilahirkan. Nama Soekarno menjadi nama yang masuk dalam jajaran tokoh dunia, terbukti dengan dibuatnya patung lilin Soekarno di museum tokoh Dunia. Beberapa kata mutiara Bung Karno yang benar-benar memotivasi bangsa ini telah ia ciptakan. Di antaranya adalah:
“Berikan 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda niscaya akan aku guncangkan dunia”
“Tidak seorangpun yang menghitung-hitung berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini,jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya” (Pidato HUT Proklamasi 1956).
Bung Karno memang motivator bangsa yang sejati, dan Indonesia terus berharap ada tokoh yang mampu memberi motivasi anak bangsa untuk berbuat baik, mementingkan negara dan menomor duakan pribadi, bukan malah sebaliknya…. Selamat Ulang Tahun Bung Karno… Kami selalu merindukanmu.....

sumber: grahita.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com